UA-70608399-1

Join us on Facebook

Blogroll

Cara Bersihkan Hidung

Cara Bersihkan Hidung Bukan Dengan Ngupil, Lho. Ngupil atau membersihkan kotoran dalam hidung dengan jari tangan adalah kegiatan yang sering dilakukan. Selain mengasyikan, ngupil juga selama ini dipercaya sebagai cara membuat hidung bersih dengan mudah. Padahal menurut dokter spesialis THT, kebiasaan ngupil dengan jari tangan itu tidak sehat. Coba baca artikel sebelumnya Ngupil Membunuhmu.
Jari jemari tangan yang sering digunakan melakukan banyak hal, juga menyentuh banyak benda, pastinya mengandung ribuan bakteri dan kuman. Belum lagi virus penyakit yang bisa saja melekat di jari tersebut. Jika jari tersebut digunakan untuk ngupil, maka otomatis virus yang ada di jari dengan mudah masuk ke saluran pernafasan melalui hidung.


“Jari bisa saja mengandung virus, saat mengupil berarti memindahkan virus masuk ke dalam tubuh,” jelas dr spesialis THT Rusdian Utama Roeslani seperti dilansir oleh laman Liputan6.
Jadi bagaimana cara membersihkan kotoran hidung dengan benar?
Dr. Rusdian menyebutkan satu cara aman untuk mengupil, yakni dengan air. Untuk kaum muslim, saat berwudhu ada bagian menghirup air ke hidung lalu kemudian disemprotkan kembali keluar. Nah, menurut dokter spesialis THT itu, cara tersebut baik untuk membuang kotoran hidung.
Tanpa perlu khawatir kuman atau virus masuk ke hidung, Anda pun bisa melakukannya lebih dari 5 kali sehari.
Selain itu, dokter dari Universitas Indonesia ini juga memberi alternatif dengan mengirigasi hidung dengan air garam. Caranya campur air 200 cc dengan 2 sendok teh garam dan basuhlah hidung menggunakan cairan tersebut. Hidung bersih dari kotoran tanpa takut terinfeksi virus.

Nah, sahabat kepo itu tadi cara bersihkan hidung bukan dengan ngupil.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Cara Bersihkan Hidung"

Posting Komentar

Kalau ada pertanyaan atau saran silakan di kolom coment

Text Widget

About